Curanmor, Dominasi Kasus di Palu

0
47
Puluhan unit kendaraan hasil curian diamankan di Polres Palu, Kamis (13/7/2017). FOTO : RIFKI RICHARD

PALU, MEDIASULTENG.COM – Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) masih menjadi kasus paling menonjol diwilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Palu. Hampir setiap harinya, masyarakat melaporkan tindak pidana curanmor.

Paur Humas Polres Palu, Aipda I Kadek Aruna mengatakan, dalam dua bulan terakhir kasus curanmor mendominasi laporan masyarakat. “Kalau kasus beberpa bulan terakhir ini yang masih menonjol kasus curanmor,”kata Kadek saat ditemui, Kamis (13/7/2017).

Menurut Kadek, dalam pengungkapannya meningkatnya kasus curanmor  dipengaruhi oleh Narkoba. Sebab melihat dari semua pelaku yang berhasil diamankan Polres Palu. Hasil curian digunakan membeli narkoba jenis sabu-sabu. Banyak mengungkapkan hasil curian hanya ditukar dengan narkotika yang diharga jutaan rupiah.

Informasi yang diperoleh, bandar narkoba memiliki banyak jaringan curanmor, antara lima sampai sepuluh jaringan yang ada di Palu. “Seperti yang belum lama kita mengamankan bandar Narkoba tersebut, memiliki barang curanmor, dengan berapa jaringan, disitulah kami cukup yakin bahwa curanmor didominasi dengan Narkoba, ” terangnya.

Mirisnya lagi, pelaku curanmor banyak masih dibawah umur, yang mudahnya diprovokasi akibat kecanduan barang narkoba, maka bandar akan mudah membuat satu jaringan Curanmor.  Selain itu, barang Curanmor yang sudah ditampung oleh para Bandar Narkoba ini di jual di luar daerah.

Pihak Polres Palu terus mengimbau, agar meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati pada saat memarkir kendaraan bermotor, perhatikan keamanan tempat memarkir kendaraan bermotor dan tidak lupa untuk mengunci sepeda motor hingga tidak menimbulkan celah bagi pelaku kejahatan dalam melaksanakan aksinya.**

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here